Kamis, 28 Maret 2013

Penemuan Rumus Matematika Para penemu rumus

Sejarah Penemuan Rumus Matematika Para penemu rumus




Penemu Rumus Aljabar
Nama lengkapnya Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa al-Khwarizmi.
Pak Al-Khwarizmi yang dianggap sebagai Bapak Aljabar  itu lahir pada tahun 780M di Khawariz (sekarang Khiva, Uzbekistan).

Penemu Himpunan
Georg Cantor (1845-1918) ialah seorang matematikawan
asal Jerman keturunan Yahudi. Ia adalah orang pertama yang menemukan teori himpunan

Penemu Notasi Matematika
Leonhard Euler (lahir di Basel, Swiss, 15 April 1707 – meninggal di St. Petersburg, Rusia,18 September 1783 pada umur 76 tahun) (dilafalkan "oiler") adalah matematikawan danfisikawan Swiss.
Ia dipandang (bersama Archimedes, Gauss, dan Newton) sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa.
Symbol ketertakhinggaa

Penemu Teori Logaritma
Alexander Graham Bell (lahir di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 3 Maret 1847 – meninggal di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada, 2 Agustus 1922 pada umur 75 tahun) adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalamteknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologipenerbangan dan hidrofoil.

. Rene Deskartes (prancis 1596-1650 M)
 
Dalam karyanya La geometrie,Descartes memperlihatkan bahwa sepasang garis lirus yang berpotongan dapat digunakan untuk memperlihatkan posii titik pada sebuah bidang.untuk menghormatinya,konsep tersebut dinamakan sistem koordinat cartesius.dengan sistem ini,muncullah cabang matematika baru,yaitu geometri analitik.

Leonhard Euler (swiss 1707-1783 M)
 
Euler adalah salah satu ahli matematika terkemuka sepanjang masa.Geometri dan kalkualus mencatat banyak sekali pemikirannya,tapi yang paling utam Euler telah menyelidiki suatu bidang baru yang dinamakan topologi





John Napier ( skotlandia 1550-1617 M)
 Ide tentang logaritma ditemukan oLeH bangsawan dari Merchiston ini.Dengan bantuan logaritma,perhitunagan yang melibatkan bilangan-bilangan besar dapat dipermudah.





Carl F.Gauss ( Jerman 1777-1855 M )

 Gauss adaLah salah seorang dari tiga ahli matematika besar sepanjang masa selain Archimedes dan newton.Pada umur sepuluh tahun,dia membuat gurunya terkagum-kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung deret 1+2+3+...+100


Ibnu Sina (Aveciena 980-1037 M)
 Saudara ketiga yaitu al-Hasan”, cerita sumber Arab, “adalah besar dalam geometri. Dia sangat berbakat, dan tak seorangpun mendekati kemampuannya walaupun sedikit. Ingatannya sangat kuat, dan ia memiliki kemampuan abstraksi yang luar biasa, sehingga mampu menjawab berbagai soal, yang tak seorangpun sebelumnya bisa memecahkannya. Kadang ia begitu tenggelam dalam berpikir, sehingga dalam suatu konferensi dia bisa tidak mendengar sedikitpun”. Sementara itu bila ia sedang sibuk dengan suatu soal, terjadilah -seperti ceritanya sendiri - “aku lihat dunia di depan mataku tiba-tiba menjadi gelap, dan aku merasa seperti dalam mimpi”.

Karl Weierstrass
Karl Theodor Wilhelm Weierstrass (Weierstraß, 1815 -1897 ) ialah seorang matematikawan  Prusia  yang mengembangkan teori lengkap tentang deret fungsi  dan menyusun legitimasi operasi-operasi yang demikian sebagai pengintegralan  dan pendiferensialan  suku demi suku.








0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Bisa Juga Kalian Kunjungin Blogger Ini ; -http://bekerzzamcrew.blogspot.com/
-http://mhielinkinparkunderground.blogspot.com/
-http://mhiesevenfolddism.blogspot.com/
Diberdayakan oleh Blogger.